Jumat, 29 Januari 2010

Mari Berubah

. Jumat, 29 Januari 2010

Pohon yang dulu tumbuh di halamn rumah kini sudah rimbun. Wujud fisik kita dari tahun ke tahun berubah. Lingkungan tempat tinggal kita juga berubah. Seisi dunia berubah. Mengapa diri kita demikian sulit berubah ? Dan mengapa diri kita juga demikian sulit menerima perubahan ?

Bagi anda yang saat ini masih bekerja sebagai karyawan,hampir dipastikan situasi perusahaan banyak terjadi perubahan. Perubahan lingkungan bisnis yang demikian pesat menuntut banyak perusahaan, bahkan instansi pemerintah, berbenah diri melakukan perubahan. Ada yang berubah kecil-kecilan hingga yang melakukan transformasi bisnis besar-besaran.

Begitu pula bagi anda yang saat ini bergelut di dunia usaha sebagai wirausahawan, baik murni atau sekedar usaha sampingan. Berbagai perubahan dihadapi setiap saat, yang menuntut kemampuan merespons secara cepat dan tepat jika tidak ingin kehilangan peluang. Bukan sekedar kehilangan peluang, bahkan kelangsungan hidup usaha yang dijalankan bisa dipertaruhkan.

Baik anda karyawan ataupun anda seorang wirausahawan, perubahan yang terjadi di sekitar anda menuntut kemampuan anda menyesuaikan diri. Jika tidak maka kemungkinan besar anda akan tergilas oleh roda perubahan. Cara menyesuaikan diri adalah dengan kesediaan melakukan transformasi diri.

Melakukan transformasi diri berarti melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik. Seberapa besar derajat perubahan yang dibutuhkan amat tergantung kepada tuntutan keadaan. Yang pasti, anda harus bergerak bersama waktu dan perubahan agar anda tidak tertinggal jaman. Tentunya anda tidak ingin hidup di dunia terasing bukan ?

Langkah pertama dan terpenting adalah keikhlasan untuk berubah. Meskipun harus tertatih-tatih, memeras otak yang sudah semakin lemot, memaksa fisik yang sudah semakin reyot, anda harus tetap sabar dan terus belajar. Dan anda tidak sendiri. Banyak orang lain sedang bergerak bersama anda.

Sebagai contoh, bila perusahaan anda memasuki dunia internet maka anda juga harus belajar internet. Karena banyak proses kerja akan bersifat online. Apalagi jika produknya memang internet, maka sebagai karyawan seyogyanya akrab dengan produk-produk ikutannya, seperti email, situs/blog, e-commerce, dsb.

Begitu juga bagi anda wirausahawan. Dunia online, terlepas bisnis anda offline ataupun online, tidak bisa sepenuhnya lepas dari kegiatan bisnis anda. Paling tidak anda akan memerlukan warnet untuk mencari informasi. Memiliki alamat email akan menambah kredibilitas usaha anda, meski hanya usaha kecil.

Sudah siap untuk berubah ?

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Blog Pensiun Dini is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com